Mari berbagi cerita, inspirasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman...!

Kamis, 22 September 2016

Apa itu air Tuba?

Sobat pernah dengar "pepatah air susu dibalas dengan air tuba?" Pepatah ini bermakna perbuatan baik terhadap seseorang dibalas dengan perbuatan jahat. Pada pepatah tersebut kita dapati bahwa perbuatan baik atau kebaikan dilambangkan dengan air susu sedangkan perbuatan jahat atau kejahatan dilambangkan dengan air tuba.
Air susu melambangkan kebaikan karena berbagai manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya. Bahkan bayi yang baru lahir pun sangat memerlukan air susu sebagai makanan-nya. Lantas kenapa kejahatan atau perbuatan jahat dilambangkan dengan air tuba? Apa itu air tuba? Pada artikel ini, saya hendak berbagi sedikit informasi tentang air tuba.


Pohon tuba

Dulu saya mengira bahwa yang dimaksud dengan air tuba adalah air ketuban (maksa…karena terlihat mirip), ternyata saya salah. Air tuba berasal dari pohon tuba. Nama binomial latin untuk tanaman ini adalah Derris elliptica. Pohon tuba banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Kepulauan-kepulauan Pasifik. Pohon ini tumbuh merambat dan dapat mencapai ketinggian 10 meter. Kendatipun merambat, pohon ini juga memiliki kayu atau sering disebut sebagai tanaman jenis liana.
Masyarakat suku Sunda menyebut pohon tuba sebagai tuwa laleu atau areuy kidang. Sedangkan masyarakat suku Jawa menyebutnya sebagai tanaman jenu, jelun atau tungkul tobha. Tuba tumbuh liar diantara semak-semak yang berada di tepi hutan atau sungai.

pohon tuba

Pemanfaatan Pohon tuba

Tuba digunakan secara tradisional sebagai racun ikan. Tumbuhan ini memiliki kandungan rotenona (rotenone), sejenis racun kuat untuk ikan dan serangga. Konsentrasi racun terbanyak terdapat di bagian akar tumbuhan. Untuk membuat racun ikan dari pohon tuba, biasanya masyarakat akan mengambil bagian akar tanaman, lalu dipotong-potong dan dikeringkan. Selanjutnya akar yang sudah kering tadi, ditumbuk dan dicampurkan dengan air dan menghasilkan cairan yang serupa dengan susu. Mungkin hal inilah yang membuat air tuba dipadankan dengan air susu dalam pepatah tadi (serupa bentuk tapi beda efek). Racun yang telah siap lantas disebarkan ke kolam ikan atau sungai. Setelah beberapa saat, ikan-ikan yang mabuk terkena racun akan mengambang dan dengan mudah dapat kita mengambilnya.
Selain sebagai racun ikan, air tuba juga dapat dimanfaatkan sebagai insektisida, baik pada tanaman ataupun hewan peliharaan. Kalau yang ini manfaat banget untuk para petani atau pencinta hewan.

Air Tuba

So..sekarang kita sudah tahu bahwa ternyata air tuba itu adalah racun. Maka pantaslah air tuba ini melambangkan perbuatan jahat atau kejahatan. Bagaimana mungkin orang yang sudah memberikan air susu, kita balas dengan air tuba…(sungguh terlalu…!). Oiya perlu saya sampaikan pula bahwa pohon tuba yang dimaksud oleh pepatah diatas bukan pohon tuba yang di sebutkan dalam Al-Quran ya. Kalau pohon tuba yang satu itu mah salah satu tumbuhan yang dapat dijumpai di syurga..insya Allah.

Demikian informasi pengetahuan yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.
0

0 comments:

Posting Komentar