Mari berbagi cerita, inspirasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman...!

Kamis, 24 November 2016

Larangan di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) – 15 Larangan yang Wajib diketahui di Commuter Line Hari Ini

Sebelum naik KRL , mari kita simak beberapa larangan yang wajib diketahui oleh para penumpang jika sudah berada di dalam kereta tersebut

Larangan di dalam KRL - sumber krl.co.id

1.    Dilarang duduk di lantai / menggunakan kursi lipat

Larangan ini dibuat sebagai penghargaan bagi para penumpang yang berdiri dan memberi ruang yang lebih nyaman kepada para penumpang. Istilahnya sama rata sama rasa…asiikk.

duduk di lantai gak sama rasa - sumber https://maskomuter.wordpress.com/

2.    Dilarang membuang sampah di dalam kereta

Larangan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan kereta kita. Saya setuju sekali dengan larangan ini.  Jangan sampai pemandangannya kayak kereta di bawah ini ya.

aduh kotor-nya - sumber https://maskomuter.wordpress.com/

3.    Dilarang berjualan di dalam kereta

Dulu, di dalam KRL banyak kita temui berbagai macam pedangang hilir-mudik menjajakan barang dagangannya. Ukuran barang dagangan dan pergerakan mereka dirasa menggangu para penumpang. Sekarang mereka dilarang berjualan di dalam kereta. 

Keputusan ini sebenarnya dilematis, karena harus menghilangkan transaksi permintaan dan penawaran yang selama ini sudah terjalin di dalam kereta. Yah…saat ini beli beraneka barang-barang murah di kereta tinggal kenangan saja. 

4.    Dilarang mengamen di dalam kereta

Larangan ini sudah jelas sepertinya. Saya pribadi setuju dengan larangan ini. Tapi kalau yang ngamen artis/penyanyi nge-top kayaknya masih boleh sih. 

Cuma kadang-kadang ada yang suka mengganggu ketenagan pagi hari para Commuters. Tetiba ada commuters lain yang memutar musik dengan loudspeaker dari HP-nya atau menggunakan earphone yang suara musiknya sampe keluar-luar ke telinga orang lain. Walhasil, si empunya HP karaoke tanpa sadar di dalam KRL. 

Emang sih ini bukan termasuk ngamen jadi gak bisa dilarang juga ya….tapi ini ganggu orang lain namanya.

5.    Dilarang membawa barang-barang berbau tajam

Larangan ini dilambangkan dengan buah durian. Kebayang-kan gimana gak nyaman-nya kalau ada orang yang bawa barang berbau tajam di dalam KRL. Soalnya KRL kita sekarang menggunakan AC untuk mengatur sirkulasi udaranya. Berani bawa barang-barang yang bau tajam, baunya nanti bisa nyebar kemana-mana tuh.
Durian si wakil barang berbau tajam

6.    Dilarang membawa barang-barang yang mudah terbakar

Bensin, minyak tanah atau bahan-bahan kimian berbahaya adalah contoh barang-barang yang mudah terbakar. So jangan bawa barang-barang itu ke dalam KRL ya. Bikin risiko kebakaran makin besar Bro...!

7.    Dilarang membawa senjata tajam / senjata api

Wohoho…larangan ini juga udah jelas banget ya. Buat apa coba bawa-bawa senjata tajam atau senjata api di dalam KRL. Sekarang kan sudah ada PKD / tenaga sekuriti yang dengan setia menjaga keamanan para commuters.

8.    Dilarang makan dan minum

Larangan ini, sebenarnya ditujukan juga untuk menjaga kebersihan kereta. Temuan bungkus makanan/minuman, remahan sisa makanan, atau tumpahan minuman bisa jadi yang dipikirkan oleh CL. Kalau saya perhatikan, larangan ini banyak dilanggar loh sama para Commuters. 

makan di KRL - sumber : dailymail.co.uk

Sebenarnya saya juga kurang setuju nih dengan larangan ini. Di saat jadwal/waktu tempuh KRL belum presisi dan sterilnya kawasan stasiun dari pedangan makanan membuat para penumpang harus bertahan di dalam KRL dalam keadaan lapar dan haus. 

Tapi tenang, buat Commuters yang lagi puasa bisa dapat kelonggaran, boleh berbuka di dalam KRL. 

9.    Dilarang merokok

Larangan ini jelas banget bahkan sudah diatur juga di Peraturan Daerah. Siip lah buat Commuters.

10.    Dilarang membawa binatang peliharaan

Ayam, kucing, kambing atau binatang peliharaan lainnya, sekarang udah gak akan bisa kita jumpai lagi di dalam KRL. Keberadaan mereka sekarang sudah dilarang. Kalau KRL jadul mah, pemandangan ini bisa kita jumpai saat pagi hari.

11.    Dilarang bersandar di pintu otomatis

Hayo siapa yang suka sandaran di pintu otomatis? Hati-hati loh, karena hal ini berbahaya. Ketika kamu keenakan sandaran sampai akhirnya tertidur…tsseet tiba-tiba pintu yang kamu sandari terbuka dan yang saat itu kamu sadari kamu sedang terbaring di lantai stasiun kereta. 

Nah loh…bahaya kan! Jadi, kita bisa tau bahwa larangan ini sebenarnya bersifat preventif, keren-lah pokok-nya.

12.    Dilarang mengganjal pintu otomatis

Mengganjal pintu otomatis bisa berakibat pintu tidak tertutup sempurna sehingga kereta tidak diberangkatan atau anggota badanmu berisiko terjepit pintu otomatis atau tasmu berada di luar pintu dan badanmu berada di dalam kereta. Hahaha…bahaya banget kan. 

So jangan menggajal pintu ya, supaya kereta bisa diberangkatan dan kamu bisa selamat dan aman sampai tempat tujuan.

payung ku kejepit pintu - sumber : liputan6.com

13.    Pria Dewasa Dilarang berada di kereta khusus wanita

Buat pria yang nekat melakukan hal ini, bersiaplah menghadapi “pengusiran” dari para Ibu-ibu di kereta wanita dan jangan memaksa mereka untuk memanggil petugas sekuriti. Petugas sekuriti selalu berjaga-jaga di perbatasan antara kereta wanita dan kereta selainnya. Perlu kamu ketahui juga, bahwa kereta khusus wanita berada di kereta paling depan dan paling belakang dari rangkaian KRL.

14.    Dilarang membawa barang yang melebihi kuota

Setiap penumpang boleh membawa barang bagasi tangan yang hanya dapat dijinjing / diletakan pada rak bagasi dengan ukuran maksimum :  100cm x 40cm x 30cm. 

Kalau ukuran bagasi mu lebih dari itu kamu disarankan menggunakan moda transporasi lain untuk mengangkut barang-mu. Sepeda juga dilarang masuk kecuali sepeda lipat. 

15.    Dilarang mencorat-coret

Larangan ini tidak kita jumpai pada stiker larangan di dalam KRL saat ini. Tapi pada tahun 2010, larangan ini sempat diterapkan. Saya rasa larangan ini juga masih berlaku walapun gak ada keterangan atau stiker gambarnya. 

Jangan beralasan untuk eksistensi diri, sampai-sampai kamu menulis namanu atau curahan isi hati mu ke dinding KRL ya. Tulislah pesan yang kamu inginkan di media yang seharusnya.

dilarang corat-coret di KRL 2010
Nah itu dia 15 larangan di dalam KRL. Banyak sih memang, tapi semua demi kenyamanan, ketertiban dan keamanan bersama. Selamat ber-KRL ria
0

0 comments:

Posting Komentar